Mediasi – Arbitrase dan Arbitrasi – Mediasi sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa Dagang Internasional

Penulis skripsi: Zulkarnaen Hamka
Bagian Hukum Internasional Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum
Universitas Hasanuddin Makassar 2014

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana efektifitas mediasi-arbitrase dan arbitrase-mediasi dalam penyelesaian sengketa dagang internasional dan 2) mengetahui bagaimana putusan dan penerapan mediasi-arbitrase dan arbitrase-mediasi dalam penyelesaian sengketa perdagangan Internasional. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Pusat Universitas Hasanuddin dan Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa mediasi - arbitrase (med-arb) dan arbitrase - mediasi (arb-med) menggabungkan kelebihan yang dimiliki oleh dua alternatif penyelesaian sengketa arbitrase dan mediasi ke dalam satu proses gabungan. Perbedaan med-arb dan arb-med adalah pada yang manakah yang dilakukan terlebih dahulu apakah arbitrase atau mediasi. Penyelesaian sengketa mediasi-arbitrase lebih efektif dari arbitrase-mediasi hal tersebut dapat dilihat pada bagaimana kedua metode penyelesaian sengketa ini menyelesaikan sengketa. Hasil dari proses mediasi-arbitrase dan arbitrase-mediasi adalah putusan akhir yang disebut “award” karena tujuan dari penggabungan arbitrase dan mediasi ini adalah untuk menutupi kekurangan dari mediasi yang sifat putusannya hanya berupa nota kesepakatan/kesepakatan para pihak dan kekurangan dari arbitrase yang mahal dan lama, sehingga pengakuan dan pelaksanaan putusan dari hybrid mediasi-arbitrase dan arbitrase-mediasi pada dasarnya sama dengan pelaksanaan arbitrase biasa.


Daftar Referensi

Buku
Usman, Rachmadi., Pilihan Penyelesaian Sengketa di Luar Pengadilan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung, 2003
The World Bank Group, 2011. Alternative Dispute Resolution Center Manual; A Guide for Practitioners on Establishing and Managing ADR Centers. Washington: s.n.
Sujud Margono, S., 2004. ADR dan ARBITRASE (Proses Kelembagaan dan Aspek Hukum). Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.
Sood, M., 2011. Hukum Perdagangan Internasional. Jakarta: Rajawali Press.
R. M. Gatot Soemartono., Arbitrase dan Mediasi di Indonesia, PT. Gramedia Pustaka Utama. Bandung, Jakarta.
Perdata, K., n.d. Buku Ke Empat Tentang Pembuktian dan Kadaluarsa. In: Buku Ke Empat Tentang Pembuktian dan Kadaluarsa. s.l.:s.n.
Menack, S., 1995. Mediation/Arbitration: The Hybrid ADR Theory. NewJersey Law Journal.
Indonesia, M. A. R., 2008. Peraturan Mahkamah Agung Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 01. s.l.:s.n.
Henny Mono, S., 2007. Praktik Perkara Perdata. Malang: Banyu Media.
Harahap, M. Y., 1997. Beberapa Tinjauan Mengenai Sistem Peradilan dan Penyelesaian Sengketa. Bandung: PT. Citra Adtya Bakti.
Frans Hendra Winarta, S. M., 2013. Hukum Penyelesaian Sengketa:Arbitrase Nasional Indonesia dan Internasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Black, H. C., 1983. Black's Law Dictionary. St. Paul Minn: West Publishing.
Batubara, S. & Purba, O., 2013. Arbitrase Internasional Penyelesaian Sengketa Investasi Asing Melalui ICSID, UNCITRAL, dan SIAC. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Adolf, H., 2005. Hukum Perdagangan Internasional. 1 ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Penelitian, Jurnal dan Makalah
Abdulaziz K. Alfadhli, Does the Alternative Dispute Resolution Have a Role to Play in the Construction Industry in the State of Kuwait, University Of Southampton, 2013
ADR Buletin. Vol. 9. No. 7[2007]. Art. 1
Blankenship, John T. Developing your ADR Attitude: Med-Arb, a Template for Adaptive ADR. Tennessee Bar Journal. Nov. (2006)
Boselovic, Len. Steel Standing: U.S. Steel celebrates 100 years, (February 25, 2001)
Derek Roebuck, The Myth of Modern Mediation, (2007) 73 Arbitration (1)
Edna. Susan, Developing an Effective Med-Arb/Arb-Med Process, New York Dispute Resolution Lawyer, Spring 2009, Vol.2, No.1
Han, Jian, The Obligation of an Arbitrator, Theory and Practice of Modern Internasional Commercial Arbitration, Law Press China
Hendhy Timex, Lex Privatum, Vol.I/No.2/Apr-Jun/2013
Hoffman, David, Colliding Worlds in Dispute Resolution: Toward a Unified Field Theory of ADR, J. Disp. Resol. 2008.
Krisnawenda, N., 2008. Managing Cost in Arbitration. Indonesia Arbitration - Querterly Newsletter Vol III.
Mark Batson Baril and Donald Dickey. MED-ARB: The Best of Both Worlds of Just A Limited ADR Option?
Meria Utama, A. Romsan dan T. Manurung, Penyelesaian Konflik Perbatasan Melalui Teknik Hybrid ADR di Provinsi Sumatera Selatan, Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, 2013.
Qiao, Xing, The Different Right in Arbitration and Mediation, The Research on Arbitraion Right, China Law Press, 2000. 9.
Smith, H, Med-Arb – an Alternative Dispute Resolution practice, Japan Dispute Evidence Newsletter, nomor 113, Februari 2012.
Xuan, GU. The Combination of Arbitration and Mediation in China: Research Paper on Arbitration Law Under the Guidence of Professor Gabrielle Kaufmann-Kohler, Master in Business Law 2005-2007

Undang-Undang
Undang-undang No.30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa

Sumber Lain
U.S. Steel Mining Company V. Wilson Downhole Services, No.02:00CV1758, 2006 WL 2869535 (W.D. Pa. Oct. 5, 2006)

Skripsi Hukum Indonesia - Headline Animator